ads

ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Lompat Batu Suku Nias

Lompat Batu Asli Dari Suku Nias (Ono Niha)

Nias Sweet Home - Tradisi Lompat Batu atau Fahombo adalah tradisi yang dilakukan oleh seorang pria yang mengenakan pakaian adat meloncati susunan batu yang disusun setinggi lebih dari 2 meter. Lompat batu adalah upacara adat dari provinsi Sumatera Utara, Tradisi Lompat Batu ini berasal dari Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Lompat batu (hombo batu)  merupakan tradisi yang sangat populer pada masyarakat Nias di Kabupaten Nias. Tradisi lompat batu sudah dilakukan sejak jaman para leluhur untuk berlatih perang. Sebab, nenek moyang di Pulau Nias sering perang antar suku. Masyarakat Nias pada saat itu memang terkenal keras dan sering dikatakan bangsa sparta indonesia dikarenakan budaya bertarung yang sangat tangguh sehingga selalu mempersiapkan diri dengan baik setiap kali mau ada perang.

SPARTA VERSI INDONESIA

Nah, lompat batu ini berguna sebagai latihan fisik para pemuda di Nias supaya kuat dan mampu menembus benteng lawan yang konon cukup tinggi untuk dilompati.Tradisi ini berkembang sehingga berubah fungsinya karena perang antar suku sudah tidak ada lagi zaman sekarang. Saat ini, tradisi lompat batu  digunakan sebagai salah satu bentuk ritual upacara dan simbol budaya  masyarakat Nias.

 
 Sumber www.youtube.com

Klik disini untuk mendapatkan artikel menarik seputar dunia Komputer

Tradisi lompat batu saat ini dilakukan oleh para pemuda sebagai penanda bahwa ia sudah dewasa. Dengan melakukan tradisi tersebut, mereka akan diakui sebagai lelaki pemberani, telah memenuhi syarat untuk menikah. Selain itu kebanggaan tidak hanya bagi si pemuda itu sendiri, keluarga juga akan merasa bangga jika anaknya mampu melakukan Fahombo. Sehingga keluarga akan menyembelih beberapa ekor ternak. Hingga sekarang pun kita dapat melihat atraksi lompat batu ini jika berkunjung ke Desa Bawo Mataluo (Bukit Matahari) atau di Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan

Saohagolo.
Nias Sweet Home

About Komunitas Belajar Komputer

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "adat nias " field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan,
Komentar yang diperbolehkan hanya yang sesuai dengan artikel...
Saohagolo......!


Top